AKUNTANSI KOMPUTER DASAR ( AKD )


TUGAS
AKUNTANSI KOMPUTER DASAR ( AKD )







NAMA : MULYA SAPUTRI
KELAS : MI A REG A
NPM : 1723023
Dosen:Ibu Echi Kurniti,s.pd.M.M



     AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA
“AMIK”AKMI Baturaja
TAHUN AJARAN 2017/2018








NAMA  : MULYA SAPUTRI
NPM     : 1723023
KELAS   : MI A REG A
TUGAS : AKD

CONTOH SOAL

Pada bulan Januari 2017, didirikan CV. MULYA  SAPUTRI.
Berikut beberapa informasi tentang perusahaan tersebut :

-Alamat : JL.SUKA MAJU. KEL KISAU MUARADUA
-Telepon : 0821-8671-8932
-CV. MULYA SAPUTRI  bergerak di bidang penjualan periperal laptop (industri classification : Retaiil, Type Of Bussiness : computer dealer )
-Tahun keuangan : 2017, Bulan awal Buku : Januari dan Bulan Tutup Buku : Desember.

Berikut Ini adalah daftar Nomor Rekening.
No. Rekening
Nama Rekening
Jenis Rekening
1-0000
Aktiva
Header Account
1-1000
Aktiva Lancar
Header Account
1-1100
Kas
Header Account
1-1110
Kas Di Tangan
Detail Cheque Account
1-1120
Kas Di Bank Mandiri
Detail Cheque Account
1-1200
Piutang Dagang
Detail Account
1-1300
Stok Barang Dagang
Header Account
1-1310
Stok LAPTOP ACER
Detail Account
1-1320
Stok LAPTOP ASUS
Detail Account
1-2000
Aktiva Tetap
Header Account
1-2100
Peralatan
Header Account
1-2110
Peralatan Toko
Detail Account
1-2120
Akm. Peny Peralatan Toko
Detail Account



2-0000
Hutang
Header Account
2-1000
Hutang Lancar
Header Account
2-1200
Hutang Dagang
Detail Account



3-0000
Modal
Header Account
3-1000
Modal Cv. Mulya saputri
Detail Account



4-0000
Pendapatan
Header Account
4-1000
Penjualan
Header Account
4-1100
Penjualan LAPTOP ACER
Detail Account
4-1200
Penjualan LAPTOP ASUS
Detail Account



5-0000
HPP
Header Account
5-1100
Pembelian LAPTOP ACER
Detail Account
5-1200
Pembelian LAPTOP ASUS
Detail Account



6-0000
Biaya
Header Account
6-4000
Biaya  Operasional
Header Account
6-4200
Biaya Listrik
Detail Account
6-4300
Biaya Gaji pegawai
Detail Account
6-4400
Biaya Sewa kantor
Detail Account

Berikut Ini adalah Daftar Barang
Kode Barang
Nama Barang
LAP-ACER
LAPTOP ACER
LAP-ASUS
LAPTOP ASUS

Berikut Ini adalah Supplier.
Nama Supplier
Alamat
CV.ELLEN SARI
YOGYAKARTA
CV. LAELA
SURABAYA

Berikut Ini adalah daftar Customer.
Nama Customer
Alamat
LISA HINNI
BATURAJA
AYU LESTAR
PALEMBANG

Berikut Ini adalah Transaksi yang terjadi mulai Tanggal 1 sampai 10 januari 2017.
Tanggal
Transaksi
01 JANUARI
Modal CV.MULYA SAPUTRI Sebesar Rp.100.000.000;
02 JANUARI
Dibeli peralatan Toko seharga Rp.25.000.000;
03 JANUARI
DiBayar Sewa Kantor untuk 1 Bulan sejumlah Rp. 1.500.000;
04 JANUARI
Dibeli Secara kredit 50 unit Laptop Acer seharga Rp.3.300.000,-per Unit Dengan uang muka Rp.20.000.000 kepada CV.ELLEN SARI
05 JANUARI
DiBeli Secara Tunai 25 Unit Latop Asus Seharga Rp. 2.400.000,-per Unit Kepada CV.LAELA
06 JANUARI
Di Bayar Hutang Dagang Kepada CV.ELLEN SARI AtasP embelian laptop acer  tanggal 04
07 JANUARI
Dijual secara Kredit  kepada IBU AYU LESTARI :
10 Unit laptop acer dengan harga Rp.3.000.000,-per unit Dengan Uang Muka : 10.000.000
08 JANUARI
Dibayar Biaya gaji pegawai sebesar.Rp 3.000.000
09 JANUARI
Diterima pelunasan dari ibu Ayu lestari atas penjualan laptop Acer tanggal 07 januari
10 JANUARI
Dibayar biaya listrik sebesar Rp.350.000
 Catatlah semua Transaksi kedalam MYOB dan Tampilkan Laporan Laba Rugi dan Neraca !
PENYELESAIAN SOAL MYOB

  1. Membuat file baru,Buka MYOB, pilih CREATE
 



  1. Next, isikan informasi perusahaan:

  1. Next, isikan tahun keuangan, dll





  1. Next, Menentukan cara pembuatan Daftar akun/rekening yang akan  gunakan yaitu ada 3 pilihan :

Disini kita pilih No 1(  would like to star with one of the lists provided by MYOB)
Karena kita akan menggunakan daftar akun diambil daftar akun yang telah disediakan oleh MYOB.
  1. NEXT, tentukan jenis akun perusahaan :
Industri Classification : retail
Type Of Bussinies : Computer Dealer.





  1. Next, klik change, tentukan folder tempat penyimpanan Menghindari File Tidak Hilang atau terhapus , Maka file penyimpanan disimpan di DATA D.



 





























  1. Next, Masuk ke Command Center
Pada Tahap Ini Disediakan 2 pilihan yaitu Setup Assistant dan Command center. Jika memilih Command Center, Maka akan langsung menampilkan jendela Command Center MYOB.


  1. Pada Command Center , Klik Account List, Next.
  2. Ganti semua akun/ rekening yang akan digunakan :  sesuai nama ,Nomor dan jenis akun/rekening dengan yang ada di contoh soal. Dengan cara klik ganda pada akun / rekening yang akan diganti atau klik edit.




           Untuk menambah akun baru klik tombol NEW, untuk mengahapus klik menu edit dan klik Delete Accunt.

 

  1. Setelah akun dirubah selanjunya mengatur tampilan simbol mata uang. Mata uang yang digunakan adalah Rupiah, Dengan cara buka control panel pada panel menu windows kemudian pilih clock, Language,and Region, dilanjutkan dengan klik Region and Language, pada saat muncul kotak dialog popup pilih indonesia formatnya Indonesian(indonesia) dan klik ok.
  2. Kembalikan ke Command Center. Selanjutnya adalah menambahkan data supplier dan customer. Klik Card File.


  1. Kemudian Klik Card List, Klik Tab supplier-klik New.
Untuk menambahkan data Costumer ,Klik tab customer –klik New.
Untuk mengubah data supplier dan customer yang sudah ada, klik edit dan ubah data.
Untuk menghapus, klik menu edit-klik delete card.
1.SUPPLIER












2.CUSTOMER
 











13.  Selanjutnya adalah membuat data barang baru. Klik icon Inventory pada Command.
14.  Selanjutnya klik item list , klik New Untuk Menambahkan Data Barang Baru.Menambahkan barang yang bernama Laptop Acer.
      Menambahkan barang yang bernama Laptop Asus
           
           
15.  Jika sudah klik OK, jika muncul komentar, isikan N-T paa tax Code When Sold, jika muncul lagi isikan N-T lagi pada tax code when bought.
  1. Untuk mengubah data barang  yang sudah ada klik edit dan ubah data Untuk menghapus klik menu edit dan klik delete inventory item
  2. Transaksi Jurnal Umum
Selanjunya masukkan ke transaksi :
Modal CV.MULYA SAPUTRI. Klik icon  Account pada command Center dan pilih Record Jurnal Entry:
TRANSAKSI 1:
Isikan Modal CV.MULYA SAPUTRI ada kolom kredit :100.000.000
Isikan kas di tangan pada kolom debit : 100.000.000
Klik record.
TRANSAKSI 2 :
Isikan pembelian peralatan toko ada kolom kredit : 25.000.000
Isikan pada kas di tangan pada kolom debit : 25.000.000







TRANSAKSI 3 :

Isikan biaya sewa kantor untuk 1 bulan ada di kolom debit :1.500.000
Isikan pada kas di tangan ada di kolom kredit :1.500.000

TRANSAKSI 4 :
bukti transaksi pembelian secara kredit cv.mulya saputri, 50 unit laptop acer seharga 3.300.000, per unit dengan uang muka 20.000.000  kepada cv. Ellen sari klik purchase, enter purchase.
 







                                                                                                                                 
            Masukkan jumlah pembayarannya pada paid today (untuk pembelian tunaiatau kredit).
           Jika tunai isikan jumlah harga totalnya(total amount) pada paid today.
           Tetapi jika kredit dengan uang muka 20.000.00, maka isikan sbb:

TRANSAKSI 5 :
Bukti transaksi pembelian secara tunai cv.mulya saputri 25 unit laptop asus seharga 2.400.000 per unit kepada cv.laela klik purchase, enter purchase.
            Masukkan jumlah pembayaran untuk pada paid yoday (untuk pembelian tunai atau kredit).
            Jika tunai isikan jumlah harga total (total amount) pada paid today.    

TRANSAKSI 6 :
Bukti transaksi pembayaran hutang dagang laptop acer cv.milua saputri tanggal 05 januari
Kepada cv.ellen sari klik purchase, pay bill



TRANSAKSI 7 :
Bukti transaksi penjualan secara kreit kepda ibu ayu lestari 10 unit laptop acer seharga Rp.3.000.000, per unit dengan uang muka Rp.10.000.000, klik sales , enter sales.
TRANSAKSI 8 :
Bukti transaksi pembayaran Gaji pegawai cv.mulya saputri Account pada command center dan pilih Recoard jurnal entry:


TRANSAKSI 9 :
Bukti transaksi diterima pelunasan dari ibu ayu lestari atas penjualan laptop acer tanggal 07 januari : klik sales , receive payment.
TRANSAKSI 10 :
Bukti transaksi pembayaran biaya sewa listrik cv.mulya saputri Account pada command center dan pilih Recoard jurnal entry:




  1. Melihat semua transaksi berdasarkan tanggal
Semua input transaksi bisa di lihat dari transaction journal, dengan cara :
Klik transaction journal selanjutnya isikan tanggal yang di cari pada kolom dated from dan kolom to.
  1. Mencetak laporan
Klik menu Report ->accounts
Melihat rugi laba :
Klik tab accounts ->profit & loss ->profit & Loss (Accrual).

Klik Display
Pilih bulannya, klik Display untuk mencetaknya atau klik send to untuk menyimpan ke Excel,PDF,DLL.

Neraca :
Klik tab accounts ->balance sheet ->standard balance sheet.


AKUNTANSI KOMPUTER DASAR ( AKD ) AKUNTANSI KOMPUTER DASAR ( AKD ) Reviewed by Si pipi tembem on Maret 17, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar