MAKALAH ENTREPRENUERSHIP

TUGAS ENTREPRENEUSHIP
LAPORAN PENJUALAN PRODUK

DI SUSUN OLEH :
NAMA : 1. MULYA SAPUTRI (1723023)
      2. ELLEN SARI (1723012)
                                             3.LAELA KURNIA VANI ISMARIKA (1723020)
         4.AYU SUNDARI (1723005)
   5.LISA HINNA(1723019)
                6.SYAFRIAN HAMZA (1723029)
KELAS  : MI A REGULER A SEMESTER II
DOSEN PEMBIMBING : ERWIN ARIANTO




MANAJEMEN INFORMATIKA
         TAHUN AJARAN 2017/2018
AMIK AKMI BATURAJA

Kata Pengantar
Puji syukur kepada allah swt yang telah memberikan rahmat serta hidayah-nya, sehingga kita masih dalam keadaan sehat wal-afiyat sehingga penyusun dapat menyelesaikan tugas ini dengan sebagai mana mestinya. Tugas makalah ini di buat untuk memenuhi salah satu tugas dari mata pelajaran“entrepreneunship” yang diberikan oleh bapak guru, dengan judul  “KRIPIK PISANG BERANEKA RASAmakalah ini juga di buat untuk menguji kami sejauh mana kami mengetahui seluk beluk tentang membuat sebuah usaha .makalah ini juga sebagai saran evaluasi pemahaman ,melatih kemampuan dan menerapkan prinsip yang berkaitan dengan kewirausahaan untuk melatih kami dalam menghadapi permasalahan seputar pembuatan mkalah usaha  
        Semoga makalah ini  dapat memberikan manfaat bagi yang membaca maupun yang menyusunya .Apabila ada kesalahan tulisan atau kata-kata di dalam makalah ini,penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya



=









DAFTAR ISI

                                                                                                               HALAMAN

KATA PENGANTAR............................................................................ i
DAFTAR ISI.......................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN.....................................................................   iii
A.    Latar belakang............................................................................. 1
B.     Tujuan.......................................................................................... 2
C.     Visi.............................................................................................. 3
D.    Misi.............................................................................................. 4
BAB II PEMASARAN BARANG DAN JASA................................... iv
A.    Analisa peluang usaha................................................................. 1
B.     Marketing mix............................................................................. 2
BAB III PROSES PELAKSANAAN................................................... v
A.    Alat yang di gunakan.................................................................. 1
B.     Bahan yang di gunakan .............................................................. 2
C.     Proses pekerjaannya.................................................................... 3
BAB IV RENCANA ANGGARAN BIAYA....................................... vi
A.    Biaya pembelian bahan................................................................ 1
BAB V PENUTUP................................................................................. vii
A.    Kesimpulan.................................................................................. 1
B.     Kritik dan saran........................................................................... 2







BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
          Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai dengan yang mahal. Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang di jalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan makanan yang tersedia  di pasaran saat ini memeng sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut  bukanlah makanan tradisional yang khas Indonesia, serta harga yang di tawarkan juga kebanyakan terlalu mahal, dan juga kualitas selera manfaat yang terkandung didalam makanan tersebut kurang menyakinkan.
    Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangar cocok menjadi makanan  untuk makanan cemilan keluarga, sahabat dan orang yang tersayang  dan sekaligus merupakan makanan yang cukup menyenangkan   adalah “KRIPIK PISANG BERANEKA RASA “. Pembuatan makanan tradisional yang khas  berasal dari Indonesia ini dilakukan dengan cara yang tidak begitu rumit, tetapi lebih higenis, serta akan di jual dengan harga yang terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk pembeliaannya.
    Keberadaan pempek sebagai salah satu makanan tradisional khas Indonesia memiliki rasa yang enak, begizi, lezat, nikmat dan juga mengandung banyakprotein dan vitamin yang berasal dari bahan utama yang ikan dan telur,memeng telah di kenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak di kembangkan menjadi salah satu usaha kulinet alternative di Indonesia.
    Dengan lihat potensi dan kelebihan seperti hal tersebut di atas maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan “KRIPIK PISANG BERANEKA RASA” untuk di kembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan makanan tradisional  yang khas dari Indonesia tersebut.

B.     TUJUANNYA:
Ø  Untuk Manfaat kripik pisang secara maksimal dengan produk olahan yang dari biasanya menjadi luar biasa agar lebih di gemari oleh semua kalangan masyarakat.
Ø  Meningkatkan jiwa kewirausahaan.
Ø  Memperkenalkan makanan tradisional.
Ø  Menjadi salah satu usaha  yang sukses dengan omset yang tinggi.

C.     VISI
Menjadikan kripik pisang yang beraneka rasa menjadi sebagai makanan ringan tradisinal khas indonesia.

D.    MISI
Membuat kripik pisang yang memiliki beraneka rasa dan memasarkan kripik pisang di pasar, pasar tradisional mauun pasar modern.


BAB II
PEMASARAN BARANG DAN JASA



A.    ANALISA PELUANG USAHA
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength(kekuatan)

1.sejenis makanan ringan, makanan sehat yang digunakan untuk cemilan
2.tidak mengandung bahan pengawet
3mempunyai rasa yang spesial (coklat,jagung,dan balado)
4.harga mudah dijangkau leh pembeli
5.memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan spesial seperti coklat , jagung, dan   balado

2.      Weakness(kelemahan)

1.tidak tahan lama sebab tidak mengandung bahan pengawet
2.produknya mudah di tiru
3.memperoleh kritik ataus saran
4.
5.

3.      Opportunity(peluaang)

1.dapat dipasarkan  dimana saja (misalkan : ruang lingkup kampus akmi)
2.memasarkan lebih mudah dengan cara menawarkan produk kepada konsumen
3.mengerjakan tidak sulit dan menguntungkan
4.adanya dukungan dari pelanggan terhadap produk yang kami buat
5.

4.      Treath(ancaman)
1.adanya penjual produk yang lebih murah
2. munculnya produk baru yang lebih unggul
3. tidak maksimalnya harga bahan baku karna jenis bahan bakunya yang berbeda
4. banyaknya pesaing antar penjual seperti ( kruuk, kripik ubi )
5. perubahan selara pembeli karena pembeli memiliki citra rasa yang berbeda seperti rasa coklat, jagung dan balado







B.     MARKETING MIX (bauran pemasaran)

·         Product(produk)
Produk yang di jual adalah “keripik pisang beraneka rasa sperti rasa coklat , jagung , dab balado yang merukan makanan selingan ssehari hari.
·         Price(harga)
Harga perbungkus Rp 2000 karena harga ini sangat  terjangkau dan  relatif murah.
·         Promotion(promosi)
Dalam melakukan promosian produk ini dengan melalui meia sosal seperti wa (whatsapp) atau teman- teman
·         Place(tempat)
Tempat yang di pilih yaitu: di kampus amik akmi baturaja





















BAB III
PROSES PELAKSANAAN


A.    ALAT YANG DIGUNAKAN
v  Kompor gas
v  Tabung gas 3 kg
v  Sutil
v  Pisau
v  Serok penggoreng
v  Baskom
v  Wajan

B.     BAHAN YANG DIGUNAKAN
Bahan kripik pisang
v  4 sisir pisang seperti (pisang ambon,kepo,dan lilin).
v  1 liter minyak goreng
v  1 sdk garam dan 2 buah bawang putih

     PROSES PEKERJAAN
v  Cara membuat pempek
1.       Pertama kupas pisang terlebih dahulu kemudian iris piasng tipis-tipis secara memanjang atau sesuai selera.
2.       Kedua, lalu panaskan minyak goreng selama 5 menit, kemudian masukkan pisang yg telah di iris tipis-tipis.
3.       Ketiga setelah melakukan penggorengan lalu aduk perlahan ripik pisang itu masukkan air garam pada penggorengan pisang agar pisang mempunyai rasa gurih kemudian tunggu terlebih dahulu sampai warna pisang itu kekuningan lalu di angkat menggunakan serok penggorengan
4.       Keempat setelah itu masukkan kedalam wadah yang telah di sediakan lalu taburi bumbu perasa kedalam wadah yang sudah di isikan kripik, aduk sampai merata lalu masukkan kedalam plastik.










MAKALAH ENTREPRENUERSHIP MAKALAH ENTREPRENUERSHIP Reviewed by Si pipi tembem on Maret 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar